Bidang Destinasi Pariwisata

Bidang Pengembangan Destinasi Pariwisata mempunyai tugas merumuskan serta melaksanakan kebijakan dan standarisasi teknis di bidang Pengembangan Destinasi Pariwisata.

Untuk melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud dalam Pasal 26,Bidang Pengembangan Destinasi Pariwisata menyelenggarakan fungsi:

  1. penyiapan perumusan kebijakan dinas di bidang pengembangan destinasi pariwisata;
  2. pelaksanaan kebijakan di bidang produk pariwisata, usaha pariwisata, pemberdayaan masyarakat dan standarisasi pariwisata berdasarkan peraturan perundang-undangan;
  3. penyusunan standar, norma, pedoman, kriteria dan prosedur di bidang produk pariwisata, usaha pariwisata, pemberdayaan masyarakat dan standarisasi pariwisata;
  4. pemberian bimbingan teknis dan evaluasi di bidang produk pariwisata, usaha pariwisata, pemberdayaan masyarakat dan standarisasi pariwisata;
  5. pelaksanaan administrasi bidang pengembangan destinasi pariwisata; dan
  6. pembinaan, pelayanan, pengawasan, pengendalian, monitoring, evaluasi dan pelaporan penyelenggaraan tugas pokok dan fungsi.

 

Bidang Pengembangan Destinasi Pariwisata, terdiri atas:

  1. Seksi Usaha dan Produk Pariwisata;
  2. Seksi Pemberdayaan Masyarakat; dan
  3. Seksi Standarisasi Pariwisata.

Seksi Usaha dan Produk Pariwisata 

Seksi Usaha dan Produk Pariwisata mempunyai tugas melaksanakan penyiapan rumusan kebijakan standar, norma, kriteria dan prosedur serta pemberian bimbingan teknis dan evaluasi di bidang usaha dan produk Pariwisata.

Uraian tugas:

  1. merencanakan kegiatan program kerja per tahun anggaran Seksi Usaha dan Produk Pariwisata berdasarkan prioritas target sasaran yang akan dicapai sebagai pedoman pelaksanaan kegiatan;
  2. membagi tugas kepada para bawahan lingkungan Seksi Usaha dan Produk Pariwisata sesuai dengan bidang tugasnya baik secara lisan maupun tertulis agar tugas segera diproses lebih lanjut;
  3. memberi petunjuk kepada para bawahan lingkungan Seksi Usaha dan Produk Pariwisata baik secara lisan maupun tertulis untuk menghindari penyimpangan dan kesalahan dalam pelaksanaan tugas;
  4. memeriksa hasil pekerjaan para bawahan lingkungan Seksi Usaha dan Produk Pariwisata dengan membandingkan antara hasil kerja dengan petunjuk kerja untuk penyempurnaan hasil kerja;
  5. menilai prestasi kerja para bawahan lingkungan Seksi Usaha dan Produk Pariwisata berdasarkan hasil kerja yang dicapai sebagai bahan dalam pembinaan dan peningkatan karier;
  6. melaksanakan dan menyiapkan bahan rumusan kebijakan di bidang usaha dan produk pariwisata;
  7. merumuskan standar, norma, kriteria dan prosedur di bidang kemudahan pariwisata, kemitraan usaha, investasi usaha, iklim usaha dan diversifikasi usaha;
  8. merumuskan standar, norma, kriteria dan prosedur di bidang sumber daya wisata, keterpaduan antar wilayah, fasilitas produk pariwisata, lingkungan daya tarik wisata dan produk pariwisata unggulan;
  9. memberikan bimbingan teknis dan evaluasi di bidang sumber daya wisata, keterpaduan antar wilayah, fasilitas produk pariwisata, lingkungan daya tarik wisata dan produk pariwisata unggulan;
  10. melakukan pembinaan, monitoring, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas;
  11. melaporkan pelaksanaan kegiatan Seksi Usaha dan Produk Pariwisata baik secara tertulis maupun lisan sesuai hasil yang telah dicapai sebagai bahan informasi bagi atasan; dan melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh  Kepala Bidang secara berkala dalam rangka kelancaran pelaksanaan tugas Bidang Pengembangan Destinasi Pariwisata.
  12. merumuskan standar, norma, kriteria dan prosedur di bidang kemudahan pariwisata, kemitraan usaha, investasi usaha, iklim usaha dan diversifikasi usaha;
  13. merumuskan standar, norma, kriteria dan prosedur di bidang sumber daya wisata, keterpaduan antar wilayah, fasilitas produk pariwisata, lingkungan daya tarik wisata dan produk pariwisata unggulan;
  14. memberikan bimbingan teknis dan evaluasi di bidang sumber daya wisata, keterpaduan antar wilayah, fasilitas produk pariwisata, lingkungan daya tarik wisata dan produk pariwisata unggulan;
  15. melakukan pembinaan, monitoring, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas;
  16. melaporkan pelaksanaan kegiatan Seksi Usaha dan Produk Pariwisata baik secara tertulis maupun lisan sesuai hasil yang telah dicapai sebagai bahan informasi bagi atasan; dan
  17. melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh  Kepala Bidang secara berkala dalam rangka kelancaran pelaksanaan tugas Bidang Pengembangan Destinasi Pariwisata.

Seksi Pemberdayaan Masyarakat 

Seksi Pemberdayaan Masyarakat mempunyai tugas melaksanakan penyiapan rumusan kebijakan standar, norma, kriteria dan prosedur serta pemberian bimbingan teknis dan evaluasi di bidang pemberdayaan masyarakat.

 Uraian tugas:

  1. merencanakan kegiatan program kerja per tahun anggaran Seksi Pemberdayaan Masyarakat berdasarkan prioritas target sasaran yang akan dicapai sebagai pedoman pelaksanaan kegiatan;
  2. membagi tugas kepada para Pemberdayaan Masyarakat, Adat dan Budaya Masyarakat sesuai dengan bidang tugasnya baik secara lisan maupun tertulis agar tugas segera diproses lebih lanjut;
  3. memberi petunjuk kepada para bawahan lingkungan Seksi Pemberdayaan Masyarakat baik secara lisan maupun tertulis untuk menghindari penyimpangan dan kesalahan dalam pelaksanaan tugas;
  4. memeriksa hasil pekerjaan para bawahan lingkungan Seksi Pemberdayaan Masyarakat dengan membandingkan antara hasil kerja dengan petunjuk kerja untuk penyempurnaan hasil kerja;
  5. menilai prestasi kerja para bawahan lingkungan Seksi Pemberdayaan Masyarakat berdasarkan hasil kerja yang dicapai sebagai bahan dalam pembinaan dan peningkatan karier;
  6. melaksanakan dan  menyiapkan   bahan  rumusan  kebijakan   di bidang pemberdayaan masyarakat;
  7. merumuskan standar, norma, kriteria dan prosedur di bidang pemberdayaan potensi masyarakat, sadar wisata, peran serta media dan kemitraan pemberdayaan masyarakat;
  8. memberikan bimbingan teknis dan evaluasi di bidang pemberdayaan potensi masyarakat, sadar wisata, peran serta media dan kemitraan pemberdayaan masyarakat;
  9. melakukan pembinaan, pelayanan, pengawasan, pengendalian, monitoring, evaluasi dan pelaporan penyelenggaraan tugas pokok dan fungsi;
  10. melaporkan pelaksanaan kegiatan Seksi Pemberdayaan Masyarakat baik secara tertulis maupun lisan sesuai hasil yang telah dicapai sebagai bahan informasi bagi atasan; dan
  11. melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Bidang secara berkala dalam rangka kelancaran pelaksanaan tugas Bidang Pengembangan Destinasi Pariwisata.

 

Seksi Standarisasi Pariwisata

Seksi Standarisasi Pariwisata mempunyai tugas menyiapkan rumusan kebijakan standar, norma, kriteria dan prosedur serta pemberian bimbingan teknis dan evaluasi di bidang standarisasi Pariwisata.

 Uraian tugas:

  1. merencanakan kegiatan program kerja per tahun anggaran Seksi Standarisasi Pariwisata berdasarkan prioritas target sasaran yang akan dicapai sebagai pedoman pelaksanaan kegiatan;
  2. membagi tugas kepada para bawahan lingkungan Seksi Standarisasi Pariwisata sesuai dengan bidang tugasnya baik secara lisan maupun tertulis agar tugas segera diproses lebih lanjut;
  3. memberi petunjuk kepada para bawahan lingkungan Seksi Standarisasi Pariwisata baik secara lisan maupun tertulis untuk menghindari penyimpangan dan kesalahan dalam pelaksanaan tugas;
  4. memeriksa hasil pekerjaan para bawahan lingkungan Seksi Standarisasi Pariwisata dengan membandingkan antara hasil kerja dengan petunjuk kerja untuk penyempurnaan hasil kerja;
  5. menilai prestasi kerja para bawahan lingkungan Seksi Standarisasi Pariwisata berdasarkan hasil kerja yang dicapai sebagai bahan dalam pembinaan dan peningkatan karier;
  6. melaksanakan dan menyiapkan bahan rumusan kebijakan di bidang standarisasi pariwisata;
  7. merumuskan standar, norma, kriteria dan prosedur di bidang standar kompetensi, standar usaha dan diseminasi standar pariwisata;
  8. melaksanakan kerjasama standar pariwisata serta fasilitas lembaga sertifikasi dan akreditasi;
  9. memberikan bimbingan teknis dan evaluasi di bidang standar kompetensi, standar usaha, diseminasi standar kerjasama standar pariwisata dan fasilitasi lembaga sertifikasi dan akreditasi pariwisata;
  10. melaporkan pelaksanaan kegiatan Seksi Standarisasi Pariwisata baik secara tertulis maupun lisan sesuai hasil yang telah dicapai sebagai bahan informasi bagi atasan; dan
  11. melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Bidang secara berkala dalam rangka kelancaran pelaksanaan tugas Bidang Pengembangan Destinasi Pariwisata.

 

Kontak e-mail:   bid3@ymail.com

Diperbarui: 8 September 2016