Bidang Pemasaran

Bidang Pemasaran mempunyai tugas merumuskan serta melaksanakan kebijakan dan standarisasi teknis di bidang Pemasaran.

Tugas  dan fungsi:

  1. penyiapan perumusan kebijakan dinas di bidang pemasaran;
  2. pelaksanaan kebijakan di bidang pengembangan pasar, promosi luar negeri, promosi dalam negeri dan sarana promosi berdasarkan peraturan perundang-undangan;
  3. penyusunan standar, norma, pedoman, kriteria dan prosedur di bidang pengembangan pasar, promosi luar negeri, promosi dalam negeri dan sarana promosi;
  4. pemberian bimbingan teknis dan evaluasi dibidang pengembangan pasar, promosi luar negeri, promosi dalam negeri dan sarana promosi; dan
  5. pelaksanaan administrasi bidang pemasaran.

Bidang Pemasaran terdiri atas:

  1. Seksi Sarana Promosi;
  2. Seksi Promosi Dalam Negeri dan Luar Negeri; dan
  3. Seksi Analisa dan Pengembangan Pasar.

Seksi Sarana Promosi

Seksi Sarana Promosi mempunyai tugas melaksanakan penyiapan rumusan kebijakan standar, norma, kriteria dan prosedur serta pemberian bimbingan teknis dan evaluasi di bidang sarana promosi.

Uraian tugas:

  1. merencanakan kegiatan program kerja per tahun anggaran Seksi Sarana Promosi berdasarkan prioritas target sasaran yang akan dicapai sebagai pedoman pelaksanaan kegiatan;
  2. membagi tugas kepada para bawahan lingkungan Seksi Sarana Promosi sesuai dengan bidang tugasnya baik secara lisan maupun tertulis agar tugas segera diproses lebih lanjut;
  3. memberi petunjuk kepada para bawahan lingkungan Seksi Sarana Promosi baik secara lisan maupun tertulis untuk menghindari penyimpangan dan kesalahan dalam pelaksanaan tugas;
  4. memeriksa hasil pekerjaan para bawahan lingkungan Seksi Sarana Promosi dengan membandingkan antara hasil kerja dengan petunjuk kerja untuk penyempurnaan hasil kerja;
  5. menilai prestasi kerja para bawahan lingkungan Seksi Sarana Promosi berdasarkan hasil kerja yang dicapai sebagai bahan dalam pembinaan dan peningkatan karier;
  6. melaksanakan dan menyiapkan bahan rumusan kebijakan di bidang sarana promosi;
  7. merumuskan standar, norma, kriteria dan prosedur di bidang sarana promosi cetak, promosi elektronik, iklan, dokumentasi dan distribusi;
  8. memberikan bimbingan teknis dan evaluasi di bidang sarana promosi cetak, promosi elektronik, iklan, dokumentasi dan distribusi;
  9. melakukan pembinaan, pelayanan, pengawasan, pengendalian, monitoring, evaluasi dan pelaporan penyelenggaraan tugas pokok dan fungsi;
  10. melaporkan pelaksanaan kegiatan Seksi Sarana Promosi baik secara tertulis maupun lisan sesuai hasil yang telah dicapai sebagai bahan informasi bagi atasan; dan
  11. melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh  Kepala Bidang secara berkala dalam rangka kelancaran pelaksanaan tugas Bidang Pemasaran.

Seksi Promosi Dalam dan Luar Negeri

Seksi Promosi Dalam dan Luar Negeri mempunyai tugas melaksanakan penyiapan rumusan kebijakan standar, norma, kriteria dan prosedur serta pemberian bimbingan teknis dan evaluasi di bidang promosi dalam dan luar negeri.

Uraian tugas:

  1. merencanakan kegiatan program kerja per tahun anggaran Seksi Promosi Dalam dan Luar Negeri berdasarkan prioritas target sasaran yang akan dicapai sebagai pedoman pelaksanaan kegiatan;
  2. membagi tugas kepada para bawahan lingkungan Seksi Promosi Dalam dan Luar Negeri sesuai dengan bidang tugasnya baik secara lisan maupun tertulis agar tugas segera diproses lebih lanjut;
  3. memberi petunjuk kepada para bawahan lingkungan Seksi Promosi Dalam dan Luar Negeri baik secara lisan maupun tertulis untuk menghindari penyimpangan dan kesalahan dalam pelaksanaan tugas;
  4. memeriksa hasil pekerjaan para bawahan lingkungan Seksi Promosi Dalam dan Luar Negeri dengan membandingkan antara hasil kerja dengan petunjuk kerja untuk penyempurnaan hasil kerja;
  5. menilai prestasi kerja para bawahan lingkungan Seksi Promosi Dalam dan Luar Negeri berdasarkan hasil kerja yang dicapai sebagai bahan dalam pembinaan dan peningkatan karier;
  6. melaksanakan dan menyiapkan bahan rumusan kebijakan di bidang promosi dalam dan luar negeri;
  7. merumuskan standar, norma, kriteria dan prosedur di bidang promosi dalam dan luar negeri;
  8. memberikan bimbingan teknis dan evaluasi di bidang promosi dalam dan luar negeri;
  9. melakukan pembinaan, pelayanan, pengawasan, pengendalian, monitoring, evaluasi dan pelaporan penyelenggaraan tugas pokok dan fungsi;
  10. melaporkan pelaksanaan kegiatan Seksi Promosi Dalam dan Luar Negeri baik secara tertulis maupun lisan sesuai hasil yang telah dicapai sebagai bahan informasi bagi atasan; dan
  11. melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh  Kepala Bidang secara berkala dalam rangka kelancaran pelaksanaan tugas Bidang Pemasaran.

Seksi Analisa dan Pengembangan Pasar

Seksi Analisa dan Pengembangan Pasar mempunyai tugas melaksanakan penyiapan rumusan kebijakan standar, norma, kriteria dan prosedur serta pemberian bimbingan teknis dan evaluasi di bidang pengembangan pasar.

Uraian tugas:

  1. merencanakan kegiatan program kerja per tahun anggaran Seksi Analisa dan Pengembangan Pasar berdasarkan prioritas target sasaran yang akan dicapai sebagai pedoman pelaksanaan kegiatan;
  2. membagi tugas kepada para bawahan lingkungan Seksi Analisa dan Pengembangan Pasar sesuai dengan bidang tugasnya baik secara lisan maupun tertulis agar tugas segera diproses lebih lanjut;
  3. memberi petunjuk kepada para bawahan lingkungan Seksi Analisa dan Pengembangan Pasar baik secara lisan maupun tertulis untuk menghindari penyimpangan dan kesalahan dalam pelaksanaan tugas;
  4. memeriksa hasil pekerjaan para bawahan lingkungan Seksi Analisa dan Pengembangan Pasar dengan membandingkan antara hasil kerja dengan petunjuk kerja untuk penyempurnaan hasil kerja;
  5. menilai prestasi kerja para bawahan lingkungan Seksi Analisa dan Pengembangan Pasar berdasarkan hasil kerja yang dicapai sebagai bahan dalam pembinaan dan peningkatan karier;
  6. melaksanakan dan menyiapkan bahan rumusan kebijakan di bidang pengembangan pasar;
  7. merumuskan standar, norma, kriteria dan prosedur di bidang informasi pasar dalam negeri, informasi pasar luar negeri, hubungan lembaga pariwisata dan widya wisata serta strategi pemasaran;
  8. memberikan bimbingan teknis dan evaluasi di bidang informasi pasar dalam negeri, informasi pasar luar negeri, hubungan lembaga pariwisata dan widya wisata serta strategi pemasaran;
  9. melakukan pembinaan, pelayanan, pengawasan, pengendalian, monitoring, evaluasi dan pelaporan penyelenggaraan tugas pokok dan fungsi;
  10. melaporkan pelaksanaan kegiatan Seksi Analisa dan Pengembangan Pasar baik secara tertulis maupun lisan sesuai hasil yang telah dicapai sebagai bahan informasi bagi atasan; dan
  11. melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh  Kepala Bidang secara berkala dalam rangka kelancaran pelaksanaan tugas Bidang Pemasaran.

  • Kepala Bidang Pemasaran : Karya Cipta A.Gara, SE
  • Kepala Seksi Sarana Promosi  : Dra. Yemina Yulita
  • Kepala Seksi Analisa Pasar dan Pengembangan Pasar : Norhayatie, SP
  • Kepala Seksi Promosi Dalam dan Luar Negeri : Gebriely Trineida, SST.Par

 

Kontak e-mail: promosidisbudparkalteng@gmail.com

Diperbarui: 8 September 2016