Destinasi

DESTINASI WISATA UNGGULAN KALIMANTAN TENGAH

Kabupaten Barito Selatan

  • Danau Malawen

Berlokasi di Desa Sanggu Kabupaten Barito Selatan, nama Malawen di ambil dari cerita asal usul danau tersebut yang artinya piring. Pengunjung bisa menikmati pemandangan alam yang indah sekaligus rekreasi memancing. Kerbo rawa di sungai jenamas menariknya harus memakai speed ribuan kerbau dan rumah terapung di desa babaler jauh dari daratan seperti disebut desa nelayan.

  • Danau Sadar

Danau Sadar merupakan arena lomba dayung nasional. Danau ini terletak di Desa Danau Sadar, Kecamatan Dusun Selatan, Kabupaten Barito Selatan. Untuk menuju ke lokasi ini kita memerlukan waktu kurang lebih satu jam perjalanan dari kota Buntok.

  • Danau Sanggu

Danau ini terletak di Desa Sanggu, Kecamatan Dusun Selatan. Pengunjung bisa menikmati kejernihan air dengan menaiki perahu. Selain itu juga pengunjung dapat menikmati keindahan danau dengan bersantai di kantin yang menyediakan makanan khas Kalimantan.

Kabupaten Barito Timur

  • Gua Liang Saragih

Gua Liang Saragih terletak di Kecamatan Hayaping Barito Timur. Liang Saragih pada dahulu kala merupakan pusat kerajaan bernama Tumpuk Lalu Natat Kariyakan, karena melanggar pantangan istana ini berubah menjadi batu.

  • Betang Pasar Panas

Betang Pasar Panas terdapat di Kecamatan Pasar Panas, Kabupaten Barito Timur. Rumah Betang ini menawarkan nuansa kas masyarakat Dayak Kalimantan Tengah.

  • Makam Temanggung Jayakarti

Berlokasi di ibu kota Tamiyang Layang Kecamatan Dusun Timur, Kabupaten Barito Timur. Mampu ditempuh dengan berjalan kaki kurang lebih 200m dari jalan utama, yang mana merupakan makam tokoh Dayak Kampung Sampuluh, pemimpin Diskrit Patai yang berkediaman di Tamiyang Layang.

Kabupaten Barito Utara

  • Gua Batu Rangkang

Terletak di tepi sungai Barito, seberang desa Dirung, Kecamatan Murung, Kabupaten Barito Utara. Gua ini pernah menjadi tempat persembunyian Pangeran Muhammad Seman, keturunan Raja Banjar yang terakhir.

  • Cagar Alam Pararawen

Terletak di kawasan Desa Pepas, Kecamatan Montala merupakan cagar alam dan hutan lindung, dengan panorama alam yang sangat menarik.

Kabupaten Gunung Mas

  • Batu Suli

Batu Suli terletak di Desa Upon Batu. Dalam sejarah Suku Dayak Ngaju Batu Suli adalah bekas pemukiman Tamanggong (Temenggung) Mabu yang hidup di zaman sansana Banjar. Batu Suli merupakan sebuah bukit curam di tepi sungai Kahayan dengan pemandangan alam yang mempesona.

  • Betang Tumbang Malahoi

Betang Tumbang Malahoi adalah sebuah kampung di pedalaman sungai Rungan.Rumah Betang Dayak ini sudah berumur ratusan tahun tapi masih kokoh berdiri.

Kabupaten Kapuas

  • Pantai Cemara Labat

Pantai dengan pasir  putih dan barisan perahu nelayan yang siap melaut yang merupakan daya tarik sendiri. Pada malam hari bisa kita saksikan kerlip lampu perahu nelayan dari kejauhan. Pantai ini merupakan salah satu objek wisata unggulan karena mudah dijangkau dengan transportasi darat.

  • Pusat Kerajinan Desa Dahirang

Merupakan desa produksi kerajinan Getah Nyatu dengan berbagai macam motif khas Kalimantan Tengah.

Kotawaringin Timur

  • Pantai Ujung Pandaran

Pantai Ujung Pandaran terletak  80 km di sebelah selatan Kota Sampit. Di tempat ini pula kita bisa menikmati pemandangan yang indah hamparan laut biru dengan menaiki perahu – perahu tradisional.

  • Betang Tumbang Gagu

Betang Tumbang Gagu merupakan rumah Betang yang tidak menggunakan bahan logam sedikit pun. Betang ini dibangun dengan menggunakan pasak pemasangan kasau, atap sirap, tiang – tiang dan dindingnya. Rumah betang ini terletak di Desa Tumbang Gagu, Kecamatan Mentaya Hilir, kira – kira 100 km sebelah utara Kota Sampit.

Kotawaringin Barat

  • Pantai Teluk Kubu

         Pemandangan Pantai Teluk Kubu sangat mempesona dan memikat dengan ombak laut berwarna biru. Terdapat ombak laut yang berwarna biru. Selain itu juga terdapat sarana penunjang, antara lain shelter, pondok pandang, dan tempat bermain.

  • Pantai Tanjung Keluang

Berlokasi di Desa Kubu Kecamatan Kumai, terdapat pasir putih, akses jalan melalui sungai menggunakan perahu kecil dari pantai kubu, pada saat malam hari apabila musimnya penyu keluar ke daratan untuk daratan. Fasilitas  penangkaran penyu, banana boat.

  • Taman Nasional Tanjung Puting

Taman Nasional Tanjung Puting (TNTP) merupakan ecowisata tempat konservasi orang utan, terletak di Kecamatan Kumai, luas wilayah 300.000 ha. Selain ada beberapa jenis satwa langka, terdapat juga jenis flora hutan hujan tropis khas Kalimantan Tengah. Taman Nasional Tanjung Puting di lengkapi dengan fasilitas pondok penelitian, jembatan titian, dermaga dan menara pandang. Mampu ditempuh dengan menggunakan speed boat.

Kabupaten Sukamara

  • Bukit Patung

Bukit Patung adalah sebuah bukit yang terlihat menyerupai patung. Daratan tinggi dengan pepohonan yang subur menghijau ini terletak di Kecamatan Balai Riam, Kabupaten Sukamara.

  • Danau Burung

Sebuah danau dengan air yang jernih, pada saat – saat tertentu kita mendapati kerumunan burung. Danau Burung terletak di Kecamatan Sukamara.

Kabupaten Lamandau

  • Air Terjun Hangilipan

Berlokasi di kelurahan Kudangan Kecamatan Delang, untuk menuju objek berjalan kaki memakan waktu 10 menit.

  • Air Terjun 33 Tingkat.

Terletak di Desa Penyombaan, Kecamatan Delang.

Kabupaten Seruyan

  • Danau Sembuluh

 Danau Sembuluh terletak di Desa Sembuluh arah Selatan Desa Bangkal. Dimana merupakan pusat pembuatan perahu layar maupun perahu motor (kapal kecil) untuk pelayaran antarpulau. Perahu – perahu yang dibuat umumnya menggunakan kayu ulin. Selain dapat melihat keterampilan para pengrajin perahu, pengunjung juga dapat menikmati pemandangan Danau Sembuluh. Lokasi ini dapat dicapai melalui jalan darat dengan angkutan Sampit – Bangkal (PP).

  • Danau Seluluk

         Danau Seluluk terdapat di Desa Derangga, Kecamatan Hanau, Kabupaten Seruyan diantara dua Desa yaitu Desa Pembuang Hulu dan Desa Asam Baru sekitar 15 km dari Pembuang Hulu. Selain pemandangan hutan hujan tropis yang masih asri Danau Seluluk juga menjadi habitat berbagai jenis ikan air tawar.

Kabupaten Katingan

  • Bukit Batu

Terletak di Kecamatan Bukit Batu  ( 83 km dari Kota Palangka Raya), merupakan tempat pertapaan Tjilik Riwut seorang Pahlawan Nasional.

  • Riam Mangkikit

Termasuk dalam kawasan Desa Tumbang Kalamei, Kecamatan Katingan Tengah. Riam Mangkikit merupakan riam terbesar di Kabupaten Katingan, dimana tempat yang sangat mengasyikan bagi penyuka arum jeram.

Kabupaten Pulang Pisau

  • Pantai Cemantan

 Pantai Cemantan terletak di Desa Cemantan, Kecamatan Kahayan Kuala, Kabupaten Pulang Pisau. Para pengunjung dapat menikmati pemandangan yang indah dengan pasir putih dan rerimbunan hutan Bakau.

  • Betang Buntoi

Rumah adat yang terdapat di Desa Buntoi, Kecamatan Kahayan Hilir. Rumah adat ini merupakan “museum” kecil tempat penyimpanan berbagai barang/harta pusaka suku Dayak Ngaju. Mampu ditempuh dengan jenis kendaraan air atau angkutan motor tempel.

Kabupaten Murung Raya

  • Sumber Air Panas Saripoi

          Berlokasi di kawasan Desa Saripoi ibukota Kecamatan Tanah Siang, berjarak 16 km dari Puruk Cahu. Air panas ini bersumber dari mata air yang dinamakan Lawang Anak Andau (bahasa lokal : Rawang Anak Ondou).

  • Situs Liang Pandan

Berlokasi di Beriwit, Kecamatan Murung, situs yang berbentuk Goa Batu yang merupakan bekas pemukiman masyarakat dayak pedalaman.

Palangka Raya

  • Arboretum Nyaru Menteng

Arboretum merupakan kawasan konservasi jenis vegetasi tanaman hutan tropis khas Kalimantan Tengah. Di kawasan ini juga terdapat pusat reintroduksi orangutan uang dikelola oleh Borneo Orangutan Survival (BOS).

  • Museum Negeri Balanga

Museum ini menyimpan berbagai jenis benda budaya Suku Dayak, mulai dari guci, balanga, hingga halamaung. Museum ini berada ini berada di jalan Tjilik Riwut Km. 2,5 Palangka Raya.

  • Susur Sungai

Wisata susur sungai merupakan salah satu pilihan berwisata yang menarik bagi wisatawan yang datang ke kota Palangka Raya. Selain dapat menikmati pemandangan sungai hutan hujan tropis juga dapat mempelajari kehidupan masyarakat setempat.